Tuesday, August 20, 2013

Pengertian dari kata tradisi adat

Pengertian dari kata tradisi adat


Tradisi merupakan kata dari bahasa latin yaitu tradhito yang artinya diteruskan atau kebiasaan, tradisi dalam pengertian sederhana adalah suatu yang telah dilakukan dari sejak lama yang menajadi bagian hidup dari kehidpuan suatu kelompok masyarakat, hal yang mendasari TRADISI adalah informasi yang diteruskan generasi ke generasi baik tertulis maupun lisan, karena kalou tidak diteruskan TRADISI akan punah.


TRADISI merupakan adat kebiasaan orang jawa dan adanya kebiasaan material, salah satu tardhisi jawa adalah upacara adat tujuan dari TRADISI jawa sebagai keselamatan, Masyarakat Jawa merupakan sekumpulan manusia jawa yang saling bergaul atau berinteraksi dan mempunyai kesatuan dan prasarana yang dipakai oleh warganya untuk berinteraksi, Masyarakat Jawa dibagi menjadi 3 yaitu (a) Menyerah pada alam (b) mencari kesaimbangan (c) menaklukan alam. Tujuan adanya TRADISI jawa yaitu mencari keselamatan, ketentraman dan kebahagian. Menerut perkembanganya Masyarakat Jawa dibagi menajdi 3 yaitu (a) Masyarakat Madya (b) Masyarakat TRADISIonal/Sederhana (c) Masyarakat Pra-Moderent.


Setiap wilayah atau daerah tertentu tentunya memiliki sebuah TRADISI tertentu yang disepakati bersama, adapaun seperti TRADISI Kebo-keboan, Pethik laut, dsb. TRADISI petik laut merupakan sebuah tradisi yang dilakukan di wilayah yang dekat dengan laut atau pesisiran banyak daearah daerah seperti jember, pacitan dsb yang sebagian besar daerah itu terdiri atas ribuan laut. Banyuwangi merupakan salah satu wilayah yang paling banyak terdapat laut agar keindahan dan kelestarian alam tetap terjaga maka, penduduk daerah Banyuwangi sering melakukan upacara, Grajakan merupakan salah satu pantai yang terdapat di Banyuwangi, tempat ini sering melakukan TRADISI setiap tahunya agar keindahan dan hasil alam tetap terjaga

PENULIS : OLEH  Erlik Citra Budiarti

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon