Monday, August 5, 2013

Banyuwangi Berhasil Meraih Piala Adipura 2013






Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menerima Piala Adipura dari Presiden SB Yudhoyono,  
                           di Jakarta, Senin (10/6) (Dok Humas Pemkab Banyuwangi)


Banyuwangi, GATRAnews – Banyuwangi patut berbangga. Kota di ujung timur Pulau Jawa ini berhasil meraih Piala Adipura; sebuah penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup RI bagi kota-kota di Indonesia yang dinilai berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Piala Adipura 2013 ini diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/6). Menurut siaran pers yang diterima GATRAnews, di Jakarta, Rabu (12/6), penyerahan Piala Adipura ini tepat satu tahun setelah penerimaan sertifikat Adipura.
Menurut Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Banyuwangi, Arief Setiawan, penghargaan ini menjadi kebanggaan bagi Banyuwangi, setelah 17 tahun berturut-turut tidak mendapatkan Adipura. Tahun 1996, Banyuwangi pernah meraih Adipura Kencana. Namun setelahnya gagal meraih Adipura. Bahkan pernah dinobatkan sebagai kota terkotor pada 2011. “Penghargaan ini menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Banyuwangi atas segala upaya kerja kerasnya menciptakan Banyuwangi yang bersih,” ujar Arief.
Tahun ini, penyerahan piala didasarkan pada empat kategori wilayah penilaian, yakni kategori Kota Metropolitan, Kota Besar, Kota Sedang, dan Kota Kecil.
Banyuwangi yang masuk kategori penerima Piala Adipura untuk Kota Sedang, merupakan salah satu dari 33 kabupaten/kota se-Indonesia yang mendapatkan Adipura untuk pertama kalinya. Dijelaskan Arief, untuk Provinsi Jawa Timur, dari 38 kabupaten/kota, hanya dua kabupaten/kota yang belum berhasil meraih Adipura.
Sedangkan Banyuwangi dan Kota Mojokerto adalah dua kabupaten/kota yang meraih Adipura untuk pertama kalinya. “Karena Banyuwangi dan Kota Mojokerto terhitung sebagai penerima Piala Adipura untuk pertama kalinya, Presiden SBY berkenan menyerahkannya secara langsung.
Sedangkan bagi kabupaten/kota lain yang sudah menerima piala ini untuk kedua kali, ketiga dan seterusnya, penghargaan akan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, malam ini (Senin malam, Red.),” tutur Arief.
Ada beberapa indikator yang menjadikan Banyuwangi layak menerima piala Adipura, jelas Arief, yakni partisipasi masyarakat di bidang kebersihan dan keindahan. Selain itu, berbagai inovasi yang dibuat seperti adanya bank sampah, pengolahan sampah, pemanfaatan gas metan dan perubahan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Juga  adanya perilaku masyarakat yang berubah menjadi peduli akan sampah, serta bersihnya beberapa titik pantau, seperti sungai dan pasar.
Piala lambang supremasi kota bersih dan sehat tersebut akan dikirab dan diarak pada Rabu ini. Arak-arakan yang juga melibatkan pelajar tersebut, diawali dari Bandara Blimbingsari menuju Kecamatan Kota Banyuwangi. Di  Kecamatan Kota Banyuwangi, kirab diawali dari  Jl. S. Parman – Jl. Brawijaya – Jl. Gajah Mada – Jl. Hayam Wuruk – Jl. MH. Thamrin – Jl. PB. Sudirman – Jl. A. Yani – Jl. Adi Sucipto – Jl. Kepiting. Kemudian berlanjut ke Jl. Letkol Sugiono – Jl. MT Haryono – Jl. Pierre Tendean – Jl. Kartini, dan berakhir di Taman Blambangan.
Selain berhasil memboyong Piala Adipura, SMKN 1 Banyuwangi juga berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Kementrian Lingkungan Hidup. Penghargaan ini diberikan atas kepedulian sekolah dalam menjaga lingkungan.
Program adiwiyata merupakan implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup pada sekolah dasar dan menengah yang berupaya membangun karakter. Sehingga sekolah penerima adiwiyata adalah sekolah SD, SMP, dan SMA yang dinilai peduli dan berbudaya lingkungan, yang bertujuan utk mewujudkan warga sekolah yang bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.(TMA)

Sumber : http://www.gatra.com/advetorial/32398-banyuwangi-berhasil-raih-adipura.html

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon